PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA DIGITAL PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD

Penulis

  • Rahmawati STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Dea Azzahra Putri STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Yuli Islami STAI Al-Gazali Bulukumba
  • M. Aidil STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Abrar Abira STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Tahmid Madjid STAI Al-Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Media Digital, Ketertarikan Belajar

Abstrak

Media pembelajaran perlu dimanfaatkan untuk memperbaiki mutu pembelajaran di zaman digital. Media ini dapat digunakan untuk memberikan inspirasi dan dorongan kepada siswa dalam proses belajar, yang kemudian akan meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi literatur mengenai pemanfaatan media digital dalam pembelajaran matematika dan dampaknya terhadap motivasi belajar siswa di tingkat dasar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah tinjauan pustaka dan ulasan literatur. Artikel yang dianalisis dalam penelitian ini adalah yang diterbitkan antara tahun 2022 hingga 2024, yang membahas tentang dampak penggunaan media digital dalam pembelajaran matematika terhadap motivasi siswa. Penelitian ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi digital di berbagai aspek kehidupan kita harus dimanfaatkan secara bijaksana, termasuk dalam sektor pendidikan. Jika kesempatan ini digunakan dengan tepat, berpotensi besar untuk meningkatkan motivasi belajar siswa serta kualitas pendidikan di Indonesia. Penggunaan media digital dapat membantu siswa belajar dengan cara yang lebih efektif, mandiri, dan meningkatkan semangat belajar, terutama dalam pelajaran matematika.

Learning media needs to be used to improve the quality of learning in the digital age. This media can be used to provide inspiration and encouragement to students in the learning process, which will then increase student interest in learning. This research aims to evaluate literature regarding the use of digital media in mathematics learning and its impact on student learning motivation at the elementary level. The type of research carried out is literature review and literature review. The articles analyzed in this research are those published between 2022 and 2024, which discuss the impact of using digital media in mathematics learning on student motivation. This research shows that the development of digital technology in various aspects of our lives must be used wisely, including in the education sector. If this opportunity is used properly, it has great potential to increase student learning motivation and the quality of education in Indonesia. The use of digital media can help students learn more effectively, independently, and increase enthusiasm for learning, especially in mathematics lessons.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30