ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH ANNUR PRIMA MEDAN
Kata Kunci:
Kesulitan Belajar, Qur’an HadisAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Annur Prima Medan, beserta faktor penyebabnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan penelitian lapangan dan teknik pegumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa di Madrasah Aliyah Annur Prima Medan mengalami kesulitan pada pembelajaran Qur’an Hadis seperti minimnya minat siswa terhadap pembelajaran Alqur’an Hadis. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti kurikulum yang terlalu membebani siswa, kurangnya motivasi dalam belajar dan adanya tekanan eksternal. Selain itu, Siswa merasa bosan disebabkan tidak ada interaktif dalam proses pembelajaran. Dimana guru menggunakan metode pengajaran yang monoton seperti metode ceramah, metode demonstrasi dan metode latihan. Dengan demikian guru berupaya untuk mengatasi masalah tersebut. Upaya tersebut dilakukan dengan memilih penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karasteristik siswa, membangun motivasi instrinsik dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan mendukung sehingga dapat membangkitkan kembali minat siswa terhadap pembelajaran alqur’an hadis.