ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIS DI MADRASAH ALIYAH ANNUR PRIMA MEDAN

Penulis

  • Akhir Pardamean Harahap STAI Al-Hikmah Medan
  • Dipa Apriza Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Khairun Nisa Sitorus Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Malikul Sholeh As Salim Univerisitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rohima Rizky Hasibuan Univerisitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Dini Azzahra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rika Nurmida Agustin Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar, Qur’an Hadis

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Qur’an Hadis di Madrasah Aliyah Annur Prima Medan, beserta faktor penyebabnya. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif  dengan penelitian lapangan dan teknik pegumpulan data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa di Madrasah Aliyah Annur Prima Medan mengalami kesulitan pada pembelajaran Qur’an Hadis seperti minimnya minat siswa terhadap pembelajaran Alqur’an Hadis. Hal ini disebabkan beberapa faktor seperti kurikulum yang terlalu membebani siswa, kurangnya motivasi dalam belajar dan adanya tekanan eksternal. Selain itu, Siswa merasa bosan disebabkan tidak ada interaktif dalam proses pembelajaran. Dimana guru menggunakan metode pengajaran yang monoton seperti metode ceramah, metode demonstrasi dan metode latihan. Dengan demikian guru berupaya untuk mengatasi masalah tersebut. Upaya tersebut dilakukan dengan memilih penggunaan metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karasteristik siswa, membangun motivasi instrinsik dan menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan  mendukung sehingga dapat membangkitkan kembali minat siswa terhadap pembelajaran alqur’an hadis.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30