HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SEKOLAH DASAR YANG DIPENGARUHI OLEH MODEL PEMBELAJARAN DAN PENGAJARAN KONTEKSTUAL (CTL) DENGAN MEDIA KELERENG

Penulis

  • Ninil Adha STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Selviana Pratama STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Lenni STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Dimas Arya STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Abrar Abira STAI Al-Gazali Bulukumba
  • Tahmid Madjid STAI Al-Gazali Bulukumba

Kata Kunci:

Contextual Teaching And Learning Dengan Media Kelereng

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki bagaimana penerapan paradigma pembelajaran kontekstual dan paradigma pengajaran mempengaruhi hasil belajar matematika di tingkat sekolah dasar. Di sekolah dasar, banyak masalah muncul dalam proses pembelajaran matematika, termasuk siswa yang tidak termotivasi untuk belajar dan kesulitan memahami konsep. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang lebih dekat dengan kehidupan sehari-hari siswa, pendekatan CTL diharapkan dapat mengatasi masalah ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan pustaka belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pendekatan pengajaran CTL memiliki dampak yang signifikan terhadap hasil belajar siswa di sekolah dasar. Penelitian ini menunjukkan bahwa gaya pengajaran CTL dapat menjadi alternatif yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas tradisional. Gaya pengajaran CTL meningkatkan hasil belajar matematika siswa di sekolah dasar dengan menciptakan lingkungan yang mendukung

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30