PENGARUH METODE STRUKTURAL ANALITIK SINTETIK (SAS) BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DARI CANVA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS), Kemampuan Menulis PermulaanAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan menulis permulaan peserta didik SDN 259 Griya Bumi Antapani. Adapaun tujuan dari penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media gambar dari canva terhadap kemampuan menulis permulaan sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini mencakup seluruh peserta didik kelas II di sekolah tersebut dengan total 57 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh yang mana Kelas IIA dijadikan sebagai kelas kontrol dan kelas IIB sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes pretest serta post test dan juga observasi. Analisis data dilakukan menggunakan aplikasi SPSS statistik 30. Hasil analisis menunjukkan bahwas penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media gambar dari canva berpengaruh terhadap kemampuan menulis permulaan peserta didik. Dibuktikan dari hasil uji hipotesis independen sampel t test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,001<0,05 yang berarti ho ditolak dan ha diterima. Hasil uji effect size menunjukkan nilai sebesar 0,5166 yang diinterpretasikan sebagai efek yang besar. Hasil N-Gain pada kelas eksperimen adalah 0,65 atau 65% yang dikategorikan sebagai peningkatan sedang. Sedangkan untuk kelas eksperimen hasil N-Gain hanya mendapatkan nilai sebesar 0,52 atau 52% yang dikategorikan peningkatan rendah. Selain itu nilai rata-rata kelas eksperimen adalah 80 sedangkan kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata sebesar 75,714. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode struktural analitik sintetik (SAS) berbantuan media gambar dari canva efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis permulaan peserta didik kelas II Sekolah dasar.