PENGEMBANGAN MEDIA DIORAMA UNTUK PEMBELAJARAN IPA MATERI SIKLUS AIR DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Friendha Yuanta Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Ardia Agustin Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Aprilia Dwi Ismawati Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Zidna Ilma Nafia Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Neyla Najwa Oktavia Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Amelia Endah Nur Izzah Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Kata Kunci:

Media Pembelajaran Diorama Siklus Air, Penelitian dan Pengembangan (R&D), Kelayakan Media Pembelajaran IPA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran diorama siklus air, mengetahui kelayakan media pembelajaran diorama siklus air, dan mengetahui pemahaman siswa terhadap materi siklus air. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Penelitian yang dilakukan terdiri dari beberapa tahapan, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba awal, dengan menggunakan model 3D. Media pembelajaran diorama siklus air ini divalidasi oleh ahli materi, ahli media, dan uji coba terbatas. Hasil uji kelayakan media pembelajaran diorama siklus air menurut penilaian ahli media, media diorama siklus air termasuk dalam kategori sangat baik (4,29) hasil persentasenya 85%. Berdasarkan penilaian ahli materi, media diorama siklus air termasuk dalam kategori sangat baik (4,27) hasil persentasenya 85%. Berdasarkan hasil uji coba terbatas, media diorama siklus air termasuk dalam kategori baik (4,23) hasil persentasenya 84%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media pembelajaran diorama siklus air layak digunakan untuk pembelajaran IPA materi siklus air.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30