PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PJBL PADA SISWA KELAS 4 SDN PAKIS V SURABAYA
Kata Kunci:
Project-Based Learning, Pemahaman Materi, Wujud BendaAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil pemahaman Materi Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas 4 SDN Pakis V Surabaya dengan menggunakan Model Pembelajaran PJBL. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini melibatkan 30 siswa dari kelas 4 SDN Pakis V Surabaya. Tes hasil belajar digunakan untuk mengumpulkan data tentang hasil pemahaman Materi Perubahan Wujud Benda. Adapun hasil penelitian yang diperoleh adalah peningkatan persentase hasil pemahaman siswa dari proses siklus I yaitu 56,2%, dan kemudian naik menjadi 74,6%. Dan pada aktivitas siswa rata-rata 78,5% berada dalam kategori baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 94,3%. Data yang diperoleh melalui wawancara, lembar observasi, pengamatan atau eksperimen, dan refleksi atau penilaian. Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Model PJBL dapat meningkatkan hasil pemahaman Materi Perubahan Wujud Benda pada siswa kelas 4 SDN Pakis V Surabaya.