IMPLEMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN DISCOVERY PADA MATA PELAJARAN SKI DI MAS IKHWANUL MUSLIM
Kata Kunci:
Strategi, Discovery Learning, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan strategi pembelajaran discovery pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di MAS Ikhwanul Muslim. Strategi ini dirancang untuk melibatkan siswa secara aktif melalui tahapan eksplorasi, analisis, dan generalisasi, yang memungkinkan siswa memahami materi secara mendalam. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologis serta data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Milles dan Huberman, yang meliputi tiga tahapan utama: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi discovery efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi, menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, serta menumbuhkan rasa percaya diri dan kemampuan berpikir kritis. Strategi ini juga terbukti mencegah kebosanan melalui keterlibatan aktif siswa, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang positif.