STRATEGI MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA : STUDI KASUS DI MAN 2 KOTA BANDUNG

Penulis

  • Muhtarom Nur Rasyid Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ridha Risfiandina Universitas Pendidikan Indonesia
  • Hanifah El Faizah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Aliya Mutiara Artadewi Universitas Pendidikan Indonesia
  • Ibrahim Al Hakim Universitas Pendidikan Indonesia

Kata Kunci:

Strategi Pembelajaran, Motivasi Belajar, Matematika, Studi Kasus, Wawancara

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika di MAN 2 Kota Bandung. Pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus digunakan untuk menggali pengalaman dua guru matematika yang menerapkan strategi pembelajaran inovatif. Data diperoleh melalui wawancara semi-terstruktur yang menggali pengalaman guru dalam mengelola motivasi siswa. Proses analisis dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi tema terkait strategi yang digunakan, tantangan yang dihadapi, dan solusi yang diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penelitian diharapkan memberikan wawasan mengenai penerapan strategi yang efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa, serta memberikan rekomendasi bagi pengembangan pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi dunia pendidikan, khususnya dalam upaya memperbaiki kualitas pengajaran matematika dan meningkatkan partisipasi serta pencapaian siswa.

This study aims to analyze the strategies implemented by teachers to enhance students' learning motivation in mathematics at MAN 2 Kota Bandung. Using a qualitative approach with a case study method, this research explores the experiences of two mathematics teachers who apply innovative teaching strategies. Data was collected through semi-structured interviews to examine the teachers' experiences in managing students' motivation. Thematic analysis was applied to identify key themes related to strategies, challenges, and solutions in teaching. The findings are expected to provide insights into effective strategies for enhancing students' learning motivation in mathematics and offer recommendations for improving teaching practices. This study is expected to contribute to the education field by improving mathematics instruction and increasing student participation and achievement.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30