DAMPAK KEBIJAKAN PENDIDIKAN MUTIKULTURAL DI SEKOLAH MENENGAH

Penulis

  • Irjus Indrawan Universitas Islam Indragiri
  • Oktafia Universitas Islam Indragiri
  • Ahmad Zayin Fu'adi Universitas Islam Indragiri
  • Nur Fitri Ramadini Universitas Islam Indragiri

Kata Kunci:

Pendidikan, Multikultural, Implementasi

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang dampak kebijakan pendidikan multikultural di sekolah menengah. Penelitian ini menggunakan metode kepustakaan (library re-search) untuk menganalisis pemahaman siswa mengenai nilai-nilai multikultural, faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasi pendidikan multikul-tural, peran lingkungan sosial dan budaya, serta tantangan dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang berkaitan dengan pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan multikultural memiliki peran penting dalam membentuk sikap toleransi dan penghargaan terhadap keberagaman di masyarakat. Penerapan pendidikan multikultural di sekolah dapat meningkatkan kesadaran sosial siswa dan memperkuat sikap toleransi terhadap perbedaan. Na-mun, terdapat tantangan dalam implementasinya, seperti minimnya pemahaman tentang nilai-nilai multikultural di kalangan siswa dan kurangnya dukungan dari lingkungan sekitar. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan multikultural dapat menjadi alat untuk mengajarkan pengetahuan tentang keberagaman dan membangun masyarakat yang lebih harmonis dan toleran. Implementasi yang baik dari pendidikan ini diharapkan dapat menciptakan generasi muda yang mampu menghargai perbedaan serta berkontribusi positif terhadap masyarakat

This study discusses the impact of multicultural education policies in secondary schools. This study uses a library re-search method to analyze students' understanding of multicultural values, factors that influence the successful implementation of multicultural education, the role of the social and cultural environment, and challenges in implementing extracurricular activities related to multicultural education. The results of the study indicate that multicultural education has an important role in forming attitudes of tolerance and appreciation for diversity in society. The implementation of multicultural education in schools can increase students' social awareness and strengthen attitudes of tolerance towards differences. However, there are challenges in its implementation, such as the lack of understanding of multicultural values among students and the lack of support from the surrounding environment. This study concludes that multicultural education can be a tool to teach knowledge about diversity and build a more harmonious and tolerant society. Good implementation of this education is expected to create a young generation who are able to appreciate differences and contribute positively to society

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30