PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA SISWA KELAS 3 DI SDN SUKAMULYA

Penulis

  • Hilma Amanda Universitas Pasundan
  • Arifin Ahmad Universitas Pasundan
  • Faradilla Srijuliyani Shalihaht Universitas Pasundan
  • Intan Fauziyah Universitas Pasundan

Kata Kunci:

Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode Deskriptif Kualitatif, Strategi Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa di SDN Sukamulya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 3 di SDN Sukamulya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif, yaitu dengan mencari informasi terkait masalah, menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, merencanakan pendekatan, serta mengumpulkan data sebagai laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemempuan membaca pemahaman siswa kelas 3 SDN Sukamulya tergolong rendah, dengan rata rata nilai sebesar 59,4. Untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, beberapa solusi yang dapat dilakukan antara lain membimbing siswa untuk membaca buku, menyediakan sarana dan prasarana pendukung, serta penerapan model, strategi, dan metode pembelajaran yang sesuai.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30