PENGARUH KETERAMPILAN MEMBACA TERHADAP PEMAHAMAN MATERI PADA SISWA KELAS 3 DI SDN SUKAMULYA
Kata Kunci:
Kemampuan Membaca Pemahaman, Metode Deskriptif Kualitatif, Strategi PembelajaranAbstrak
Penelitian ini didasari oleh rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa di SDN Sukamulya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas 3 di SDN Sukamulya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu dengan mencari informasi terkait masalah, menjelaskan tujuan yang ingin dicapai, merencanakan pendekatan, serta mengumpulkan data sebagai laporan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemempuan membaca pemahaman siswa kelas 3 SDN Sukamulya tergolong rendah, dengan rata rata nilai sebesar 59,4. Untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman, beberapa solusi yang dapat dilakukan antara lain membimbing siswa untuk membaca buku, menyediakan sarana dan prasarana pendukung, serta penerapan model, strategi, dan metode pembelajaran yang sesuai.