INTERPRETASI PENGGUNAAN PLATFORM CANVA SEBAGAI SARANA RUANG EKSPLORASI KREATIF GURU DI SEKOLAH DASAR NEGERI 106 AJITUNGGAL CIJAMBE

Penulis

  • Dinda Maryam Salima Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Karina Dewi Julianida Firman Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru
  • Rifandi Kusuma Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Cibiru

Kata Kunci:

Canva, Guru, Media Pembelajaran, Penggunaan Canva, Ruang Eksplorasi Kreatif

Abstrak

Latar belakang dari penelitian ini adalah perkembangan teknologi memberikan pengaruh dalam segala aspek termasuk pendidikan. Dimana pendidikan hari ini harus menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan efisien, sehingga perlu adanya adaptasi teknologi ke dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui interpretasi guru terhadap aplikasi pembelajaran Canva dan pengaruhnya bagi pelaksanaan proses pembelajaran di kelas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dimana responden diwawancarai untuk mendapatkan data yang bisa memberikan gambaran serta analisis, Subjek penelitiannya adalah guru-guru di SDN 106 Ajitunggal, Cijambe, Kota Bandung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, persepsi guru terhadap aplikasi Canva ini sangat positif, terlihat dari semua guru yang menjadi responden menggunakan aplikasi Canva karena merasa aplikasi ini memberikan pengaruh positif terhadap proses pembelajaran karena menampilkan aspek visual yang bervariasi dan tidak membosankan, bisa membuat berbagai bentuk media dan penggunaannya tidak rumit.

The background of this research is that technological developments have an influence in all aspects including education. Where today's education must create an effective and efficient learning process, so there is a need for technology adaptation into learning. This study aims to find out teachers' interpretation of the Canva learning application and its influence on the implementation of the learning process in the classroom. The method used in this study is a survey where respondents are interviewed to get data that can provide an overview and analysis, the research subjects are teachers at SDN 106 Ajitunggal, Cijambe, Bandung City. Based on the results of the research conducted, teachers' perception of the Canva application is very positive, as seen from all teachers who are respondents using the Canva application because they feel that this application has a positive influence on the learning process because it displays visual aspects that are varied and not boring, can make various forms of media and its use is not complicated.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30