IMPELEMENTASI IDENTITAS NASIONAL MELALUI PEMBELAJARAN PPKN DI SMPN 10 MATARAM

Penulis

  • Rahmatun Husnul Hikmah Aulia Universitas Mataram
  • Nur Husna Wahida Universitas Mataram
  • Siti Fatimatuzzakhro Universitas Mataram
  • Shandy Kurnia Pratama Universitas Mataram
  • Alfin Wahyu Saputra Universitas Mataram
  • Ymelda Seftiani Universitas Mataram

Kata Kunci:

Identitas, Impelementasi, Nasional, PPKn

Abstrak

Bangsa Indonesia memiliki begitu banyak identitas nasional, akan tetapi dengan perkembangan zaman banyak peserta didik yang asing dengan identitas bangsanya. Oleh sebab itu pembelajaran PPKn memiliki peran penting dalam mengajarkan nilai-nilai kebangsaaan serta membentuk identitas nasional peserta didik. penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis bagaimana implementasi identitas nasional pada pembelajaran PPKn; 2) menganalisis strategi yang digunakan untuk mengimplementasikan identitas nasional pada pembelajaran PPKn. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu  wawncara, observasi dan juga dokumentasi. Data dianalisis melalui tiga tahap yaitu meliputi; kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan beberapa implementasi yang dilakukan pada pembelajaran PPKn seperti, menyanyikan lagu kebangsaan, menggunakan bahasa Indonesia pada proses pembelajaran, dan memperkenalkan atau melestarikan budaya lokal. Sedangkan penelitian ini juga menemukan terdapat tiga strategi yang digunakan untuk mengimplementasikan identitas nasional melalui pembelajaran PPKn di SMPN 10 Mataram, yaitu: 1) Problem Best Lerning (PBL), 2) menggunakan media sosial, 3) pendidikan berbasis budaya. Strategi PBL merupakan strategi yang lebih diminati oleh peserta didik di SMPN 10 Mataram, karena pembelajaran PPKn yang berbasis PBL lebih menarik bagi peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30