RANCANGAN MODEL PEMBELAJARAN “HEART” ((HOLISTIC, ENGAGED, ACTIVE, REFLECTIVE, TRANSFORMATIVE) PADA SISTEM PENCERNAAN
Kata Kunci:
HEART, Model PembelajaranAbstrak
Pendidikan di abad ke-21 menghadapi berbagai tantangan dan peluang yang ditandai dengan kemajuan teknologi, globalisasi, dan perubahan sosial. Salah satu tantangan utama adalah pengembangan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah bagi siswa. Untuk itu, diperlukan model pembelajaran yang mampu mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 seperti kreativitas, kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis. Salah satu model pembelajaran yang tepat adalah HEART (Holistic, Engaged, Active, Reflective, Transformative) yang bertujuan untuk menciptakan pengalaman belajar yang menyeluruh dan bermakna. Model ini mengutamakan pembelajaran yang berbasis masalah nyata, sehingga siswa dapat aktif dalam membangun pengetahuan mereka melalui refleksi dan transformasi sikap. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk mengembangkan model HEART yang terinspirasi oleh prinsip-prinsip dasar pembelajaran Merrill (First Principles of Instruction), yang mencakup masalah, aktivasi pengetahuan, demonstrasi, aplikasi, dan integrasi. Model ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dunia nyata dalam kehidupan sosial dan pekerjaan.
Education in the 21st century faces various challenges and opportunities marked by rapid technological advancements, globalization, and social change. One of the main challenges is the development of critical thinking and problem-solving skills among students. Therefore, a learning model that integrates 21st-century skills such as creativity, collaboration, communication, and critical thinking is essential. One such appropriate model is HEART (Holistic, Engaged, Active, Reflective, Transformative), which aims to create a comprehensive and meaningful learning experience. This model emphasizes problem-based learning, allowing students to actively construct knowledge through reflection and transformation of attitudes. This study uses a literature review method to develop the HEART model, inspired by Merrill's First Principles of Instruction, which includes problem-centered learning, activation of prior knowledge, demonstration, application, and integration. This model is expected to enhance students' critical thinking abilities and prepare them to face real-world challenges in social life and work.