PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GENIUS (Generate, Explore, Navigate, Interpret, Utilize, Showcase) UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DAN NUMERASI PESERTA DIDIK PADA TOPIK SISTEM PERNAPASAN KELAS VIII DI UPT SMP NEGERI 2 MAPPAKASUNGGU TAKALAR
Kata Kunci:
Model GENIUS, Literasi, Numerasi SainsAbstrak
Kemampuan literasi numerasi peserta didik di Indonesia masih kurang atau cukup rendah dan masih harus terus ditingkatkan. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi peserta didik adalah menerapkan model pembelajaran yang dapat menunjang berkembangnya kemampuan tersebut. Penerapan model pembelajaran yang tidak sesuai akan mengakibatkan kemampuan literasi numerasi kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkini dari penelitian terkait model-model pembelajaran saat ini yang dapat meningkatkan kemampuan literasi numerasi untuk mengidentifikasi area untuk studi lebih lanjut. Penelitian ini merupakan hasil literature review, merancang dan mengembangkan model pembelajaran GENIUS (Generate, Explore, Navigate, Interpret, Utilize, Showcase) untuk meningkatkan literasi dan numerasi peserta didik karena setiap tahapnya secara terintegrasi melatih kemampuan membaca, memahami, menganalisis, dan menerapkan informasi. Tahap Generate dan Explore mendorong siswa untuk memahami teks ilmiah dan data, meningkatkan literasi mereka. Tahap Navigate dan Interpret melatih siswa membaca, mengolah, dan menyajikan data numerik dalam bentuk tabel atau grafik, sehingga mengasah numerasi. Kemudian, tahap Utilize dan Showcase membantu siswa menerapkan konsep dan data dalam konteks nyata serta menyampaikan hasilnya secara kreatif. Dengan pendekatan ini, siswa dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran berbasis masalah, yang memperkuat keterampilan literasi dan numerasi secara seimbang.