INOVASI PEMBELAJARAN CARADDE DALAM TOPIK SISTEM PERNAPASAN: SINERGI DIFFERENTIATED INSTRUCTION DAN EXPERIENTIAL LEARNING DI KELAS 8 IPA SMP

Penulis

  • Andi Hasnah Universitas Negeri Makassar
  • Muhiddin Palennari Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

CARADDE, Differentiated Instruction, Experiential Learning, Sistem Pernapasan, Inovasi Pembelajaran

Abstrak

Pembelajaran yang inovatif di zaman sekarang memerlukan metode yang efisien, kontekstual, dan adaptif terhadap kebutuhan peserta didik. Artikel ini membahas implementasi model pembelajaran CARADDE dalam pokok bahasan sistem pernapasan untuk kelas 8 IPA di tingkat SMP. CARADDE merupakan akronim dari Contextual, Active Learning, Research-based, Assessment-integrated, Discovery Learning, Differentiated Instruction, dan Experiential Learning. Dengan menggunakan metode studi kepustakaan, penelitian ini menyelidiki sinergi antara Differentiated Instruction dan Experiential Learning guna meningkatkan keterlibatan siswa serta pemahaman konsep sistem pernapasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa CARADDE dapat memberikan pengalaman belajar yang personal, bermakna, dan relevan, sekaligus mendukung pembelajaran berbasis kompetensi yang ditawarkan dalam Kurikulum Merdeka.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30