PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN FAZLIA (FOCUS,ANALYSIS, ZEST-MOTIVATION, LEARNING PLAN, IMPLEMENTATION DAN ASSESMENT) BERBANTUAN QUIZZIZ TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Penulis

  • Husnul Syafitra Fazlia Universitas Negeri Makassar
  • Muhiddin Universitas Negeri Makassar

Kata Kunci:

Keterampilan Abad 21, Model Pembelajaran FAZLIA, Pembelajaran Berpusat Pada Peserta Didik, Teknologi Pendidikan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran yang lebih berpusat pada peserta didik, fleksibel, dan mengembangkan keterampilan abad ke-21, melalui model pembelajaran yang dinamakan FAZLIA (Focus, Analysis, Zest-motivation, Learning Plan, Implementation, dan Assessment). Model ini dirancang dengan memperhatikan karakteristik peserta didik yang beragam serta kebutuhan untuk menciptakan proses pembelajaran yang aktif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi literatur, yang melibatkan pencarian dan analisis berbagai artikel terkait karakteristik pendukung pengembangan strategi pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model FAZLIA memiliki potensi untuk meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Implementasi model ini didukung oleh teknologi, khususnya penggunaan platform Quizizz, yang memungkinkan pembelajaran berbasis kuis interaktif untuk meningkatkan pengalaman belajar peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30