PENGGUNAAN MEDIA REALITAS DALAM MENINGKATKAN KOSA KATA BAHASA INGGRIS PADA SISWA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Kosakata, Bahasa Inggris, Media BendaAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi kurangnya pemahaman kosakata baru pada saat pembelajaran bahasa Inggris. Hal ini bersumber pada kegiatan pembelajaran peneliti di SD Negeri 2 Kacangan tahun 2024 menunjukkan bahwa masih banyak peserta didik yang belum mampu memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Dikarenakan rendahnya pemahaman kosakata peserta didik yang tidak lepas dari media pembelajaran yang digunakan serta kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media realia (benda nyata) dapat meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik setiap siklusnya. Yang artinya, Media (benda nyata) merupakan beberapa pilihan yang dapat digunakan pada saat proses pembelajaran oleh peserta didik. Penggunaan media realia (benda nyata) pada zaman sekarang ini sangat bervariasi dan juga beragam mulai dari bahan, bentuk, hingga biaya dibandingkan pada zaman dulu dengan segala keterbatasan bendanya. Oleh sebab itu, (benda nyata) dapat diterapkan dalam kegiatan belajar mengajar yang lebih efektif, sehingga peserta didik lebih cepat memahami, mengingat, dalam pemerolehan kosa kata baru dibandingkan tanpa menggunakan media pembelajaran lainnya.