ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI KELAS XI SMA NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN

Penulis

  • Aura Andyta Universitas Negeri Medan
  • Sailana Mira Rangkuty Universitas Negeri Medan
  • Harry Anugrah Sinurat Universitas Negeri Medan
  • Maisyarah Khairunnisa Universitas Negeri Medan
  • Rayuni Istiara Universitas Negeri Medan
  • Suryati M. Butarbutar Universitas Negeri Medan
  • T.Najria Suhaila Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kesulitan, Belajar, Siswa

Abstrak

Kesulitan siswa dalam pelajaran biologi terlihat saat ulangan atau ujian Biologi, dimana nilai siswa masih di bawah harapan guru. Tidak hanya faktor tersebut yang memengaruhi kesulitan belajar siswa, tetapi ada faktor lain juga seperti ketidakmampuan siswa untuk mencari informasi sendiri (kurang literasi) terutama dalam pelajaran tentang sistem pencernaan dan sistem reproduksi yang seharusnya dipahami dengan melakukan literasi terlebih dahulu. Cara pengajaran guru mengombinasikan diskusi, ceramah, Discovery, dan proyek. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang menganalisis 10 artikel tentang kesulitan belajar siswa dalam pelajaran biologi di kelas XI SMA yang diterbitkan dalam jurnal nasional. Menurut penelitian pada artikel, solusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami pelajaran biologi adalah dengan memberikan variasi pembelajaran seperti diskusi dalam kelompok kecil dan kolaborasi untuk membantu siswa memahami materi tersebut. Di samping itu, terdapat faktor lain seperti kondisi ekonomi orangtua siswa di SMA Negeri 1 Percut Sei Tuan yang masih rendah, serta kekurangan alat praktikum yang dibutuhkan dan tuntutan pembelajaran yang berlebihan sebagai faktor internalnya. Menurut hasil kajian literatur terhadap 10 artikel ilmiah, ditemukan solusi untuk mengatasi kesulitan siswa dalam memahami pelajaran biologi dengan memfasilitasi mereka melalui penggunaan media pembelajaran untuk menjelaskan konsep-konsep kompleks, serta mengadakan diskusi dan kolaborasi dalam kelompok kecil untuk membantu siswa memahami materi biologi. Secara internal dapat melakukan pendekatan personal dengan memberikan dukungan emosional dan motivasi untuk membangun rasa percaya diri siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30