PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS XI TKJ¹ SMK N 1 BARUMUN T.A. 2023/2024

Penulis

  • Nurhayati STKIP Padang Lawas
  • Sundut Azhari Hasibuan STKIP Padang Lawas
  • Kholidah Sitanggang STKIP Padang Lawas

Kata Kunci:

Pengembangan, Bahan Ajar, Pemahaman Konsep Matematis, Peoblem Based Learning (PBL)

Abstrak

Selama ini proses pembelajaran kelas XI TKJ1 SMK N 1 Barumun masih konvesional yang bersifat monoton yang hanya menggunakan metode ceramah sehingga minat siswa dan ketertarikan siswa untuk belajar matematika menjadi rendah. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa juga masih kurang baik dengan persentase kelulusan siswa dalam pre-tes sebesar 19,05%. Sehingga dalam upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa adalah salah satunya dengan pengembangan bahan ajar menggunakan model PBL. Bahan ajar yang dikembangkan yaitu buku guru, buku siswa, RPP dan LKS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas XI TKJ1 SMK N 1 Barumun T.A 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model Pengembangan ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 79,45% yang berada pada kategori “valid”. Kepraktisan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 93,70% berada pada kategori “sangat praktis”. Keefektifan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 85,71%  berada pada kategori “cukup efektif”. (2) Bahan ajar matematika yang dikembangkan menggunakan model PBL dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matemastis siswa sebesar 66,66%.

So far, the learning process for class XI TKJ1 SMK N 1 Barumun is still conventional and monotonous, only using the lecture method so that student interest and interest in learning mathematics are low. Students' mathematical concept understanding abilities are also still lacking with a pre-test passing percentage of 19.05%. So that in an effort to improve students' mathematical concept understanding abilities, one of them is by developing teaching materials using the PBL model. The teaching materials developed are teacher books, student books, RPP and LKS. This study aims to determine how the development of teaching materials using the PBL model can improve the ability to understand mathematical concepts of class XI TKJ1 students of SMK N 1 Barumun in the 2023/2024 academic year. This study is a research and development (R&D). Using the ADDIE Development model. The results of this study indicate that: (1) The validity of the teaching materials gets a value of 79.45% which is in the "valid" category. The practicality of the teaching materials gets a value of 93.70% which is in the "very practical" category. The effectiveness of the teaching materials gets a value of 85.71% which is in the "quite effective" category. (2) Mathematics teaching materials developed using the PBL model can improve students' mathematical concept understanding abilities by 66.66%.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30