DAMPAK MEDIA SOSIAL TERHADAP PEMAHAMAN NILAI PANCASILA GENERASI Z DI SMPN 9 MATARAM

Penulis

  • Uswatun Hasanah Universitas Mataram
  • Rizal Ependi Universitas Mataram
  • Yusfal Hadi Universitas Mataram
  • Wulan Nanda Kamula Universitas Mataram
  • Zihan Fadhila Universitas Mataram
  • Siti Sarifah Anugerah Universitas Mataram
  • M. Zubair Universitas Mataram

Kata Kunci:

Media Sosial, Nilai Pancasila, Generasi Z, SMPN 9 Mataram

Abstrak

Penelitian ini ditujukan untuk menelaah dampak platfrom digital berkaitan denganĀ  pemahaman prinsip-prinsip Pancasila di SMPN 9 Mataram. Dikarenakan Platfrom digital saat ini sangat digemari oleh seluruh remaja khususnya dalam menjalani segala aktivitasnya, menciptakan tantangan dan peluang dalam pembelajaran nilai-nilai dasar bangsa. Penelitian ini memanfaatkan metode deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Temuan penelitian membuktikan bahwa segala sosial media mempunyai dampak terhadap pengetahuan siswa tentang prinsip-prinsip Pancasila. Media sosial dapat digunakan sebagai alat yang penting dalam menyebarkan informasi dan pendidikan mengenai prinsip-prinsip Pancasila.Namun, konten yang tidak akurat dan pengaruh negatif dari media sosial dapat mengaburkan pemahaman siswa. Generasi Z di SMPN 9 Mataram menunjukkan variasi dalam pemahaman mereka tentang Pancasila, tergantung pada jenis konten yang mereka akses. Kesimpulannya, media sosial memiliki dua sisi dalam mempengaruhi pemahaman nilai-nilai Pancasila pada Generasi Z di SMPN 9 Mataram. Oleh karena itu, diperlukan strategi edukasi yang tepat dan pengawasan yang ketat untuk memastikan media sosial digunakan secara positif dalam mendukung perilaku peserta didik di SMPN 9 Mataram.

his research seeks to explore the impact of social media on Generation Z's understanding of Pancasila values at SMPN 9 Mataram. In today's digital age, social media plays a crucial role in daily life, presenting challenges and opportunities to learn the nation's fundamental values. This study employs a descriptive qualitative approach, gathering data through observation, in-depth interviews, and documentation review. The findings indicate that social media significantly affects students' comprehension of Pancasila values. On the one hand, social media can serve as a powerful tool for disseminating information and educating about Pancasila. However, inaccurate content and negative influences on social media can hinder students' understanding of these values. Generation Z students at SMPN 9 Mataram exhibit varied levels of knowledge of Pancasila, largely influenced by the type of content they engage with. In conclusion, social media has a dual impact on the knowledge of Pancasila values among Generation Z at SMPN 9 Mataram. Therefore, it is essential to implement appropriate educational strategies and strict supervision to ensure that social media is used positively to enhance students' knowledge and understanding of Pancasila values.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30