PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERBASIS MEDIA KOMIK MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DI SMP NEGERI 1 SOSA
Kata Kunci:
Pengembangan, Komik, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning (PBL)Abstrak
Penggunaan bahan ajar di kelas VIII SMP Negeri 1 Sosa masih kurang menarik perhatian siswa untuk dapat lebih memperhatikan pembelajaran di kelas. Buku yang digunakan di sekolah terlalu monoton dan terdapat banyak teks yang membuat siswa cepat merasa jenuh dan bosan. Kemampuan pemecahan masalah siswa juga masih kurang baik dengan persentase kelulusan siswa dalam pretest sebesar 26,6%. Sehingga dalam upaya meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa salah satunya dengan pengembangan bahan ajar berbasis media komik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan bahan ajar matematika berbasis media komik menggunakan model PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 1 Sosa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D). Dengan menggunakan model pengembangan 4D. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kevalidan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 78,46% yang berada pada kategori “Valid”. Kepraktisan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 89,8% berada pada kategori “Sangat Praktis”. Keefektifan bahan ajar mendapatkan nilai sebesar 83,3%. (2) Bahan ajar matematika berbasis media komik menggunakan model PBL yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa sebesar 56,7%.
The use of teaching materials in class VIII of SMP Negeri 1 Sosa still does not attract students' attention so they can pay more attention to learning in class. The books used in school are too monotonous and there are lots of texts which make students quickly feel bored and bored. Students' problem solving abilities are also still not good with the percentage of students passing the pretest at 26.6%. So, in an effort to improve students' mathematical problem solving abilities, one of them is by developing comic media-based teaching materials. This research aims to find out how to develop comic media-based mathematics teaching materials using the PBL model to improve students' mathematical problem solving abilities at SMP Negeri 1 Sosa. This research is a research and development (R&D) Using the 4D development model, the results of this research show that (1) The validity of teaching materials gets a score of 78.46% which is in the "Valid" category. The practicality of teaching materials gets a score of 89.8% in the "Very" category. Practical The effectiveness of the teaching lessons received a score of 83.3% (2) Mathematics teaching materials based on comic media using the developed PBL model can increase students' mathematical problem solving abilities by 56.7%.