PENINGKATAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA PESERTA DIDIK KELAS VI D SDN PAKIS V SURABAYA

Penulis

  • Yosepin Betssy Tomasoa Universitas Wijaya Kusuma Surabaya
  • Savitri Suryandari Universitas Wijaya Kusuma Surabaya

Kata Kunci:

IPAS, Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran PBL

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji sejauh mana peningkatan keaktifan belajar siswa kelas VI SDN Pakis V Surabaya setelah penerapan metode eksperimen pada pembelajaran IPAS tentang Pelesir Keliling Dunia. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian berupa penelitian secara langsung. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dalam pelaksanaannya ada guru sebagai pelaksana pembelajaran sedangkan peneliti sebagai pengamat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Teknik langsung sedangkan alat pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I sebesar 73,25, kemudian pada siklus II meningkat 82,79. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 9,54. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam mata pelajaran IPAS dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VI D SDN Pakis V Surabaya.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30