ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Arum Rovita Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Afri Mardicko Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Fadilla Dwi Nurlaila Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Della Lovita Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung
  • Ibnu Salim Alhayu Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung

Kata Kunci:

Kemandirian Belajar, Faktor Internal, Faktor Eksternal, Upaya Guru, Sekolah Dasar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kemandirian belajar siswa. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah para guru SDN 3 Negeri Katon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemandirian belajar siswa dipengaruhi oleh faktor internal yang meliputi sikap tanggung jawab, keaktifan dalam pembelajaran, dan kepercayaan diri, serta faktor eksternal mencakup peran orang tua dan lingkungan belajar. Upaya guru dalam menumbuhkan kemandirian belajar dilakukan melalui pemberian motivasi, penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan, pemberian penilaian rutin, dan menjalin kerjasama dengan orang tua siswa.

This study aims to analyze the factors that affect student learning independence. The research uses a qualitative descriptive approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The subjects of the study were teachers of SDN 3 Negeri Katon. The results of the study show that students' learning independence is influenced by internal factors including attitude of responsibility, activeness in learning, and confidence, as well as external factors including the role of parents and the learning environment. Teachers' efforts in fostering learning independence are carried out through providing motivation, applying fun learning methods, providing routine assessments, and collaborating with students' parents

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29