PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA TEKNOLOGI BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PADA ANAK KELAS B TK RA NURUL ILMI KECAMATAN LAIKANG KABUPATEN TAKALAR

Penulis

  • Andi Sukawati Universitas Muhamadiyah Makassar
  • Tasrif Akib Universitas Muhamadiyah Makassar
  • Arie Martuty Universitas Muhamadiyah Makassar

Kata Kunci:

PowerPoint, Kemampuan Berpikir Kritis, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis PowerPoint terhadap kemampuan berpikir kritis anak kelas B TK RA Nurul Ilmi. Desain penelitian yang digunakan adalah One-Group Pretest Posttest Design dengan melibatkan 24 anak sebagai sampel. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan berpikir kritis anak setelah diberikan perlakuan menggunakan PowerPoint. Nilai rata-rata pretest adalah 9,95 dan posttest adalah 13,16. Uji-t berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua nilai tersebut (p < 0,05). Selain itu, analisis regresi linier sederhana menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan antara penggunaan PowerPoint dan kemampuan berpikir kritis anak (r = 0,925, p < 0,01). Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa penggunaan media PowerPoint dapat menjadi salah satu strategi efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada anak usia dini.

This study aims to measure the effect of using PowerPoint-based learning media on critical thinking skills of grade B children of RA Nurul Ilmi Kindergarten. The research design used is One-Group Pretest Posttest Design involving 24 children as samples. Data were collected through critical thinking ability tests before and after treatment. The results of the analysis showed a significant increase in children's critical thinking skills after being given treatment using PowerPoint. The average pretest score was 9.95 and the posttest was 13.16. The paired t-test showed a significant difference between the two scores (p <0.05). In addition, simple linear regression analysis showed a positive and significant relationship between the use of PowerPoint and children's critical thinking skills (r = 0.925, p <0.01). The results of this study indicate that the use of PowerPoint media can be an effective strategy to improve critical thinking skills in early childhood.

Unduhan

Diterbitkan

2024-11-29