IMPLEMENTASI MODEL WEBBED MENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Emalia Putri Universitas Pelita Bangsa
  • Savira universitas pelita bangsa
  • Forkammela Br Ginting universitas pelita bangsa
  • Rosandi Hafid universitas pelita bangsa
  • Yulia Elfrida Yanti Siregar Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Implementasi Pembelajaran, Model Webbed, Sekolah Dasar

Abstrak

Proses pembelajaran mengutamakan keaktifan siswa dan memberikan pengalaman langsung. Untuk mencapai hal tersebut digunakan model pembelajaran, termasuk model pembelajaran webbed. Model Webbed merupakan model pembelajaran yang menggabungkan berbagai keterampilan dasar dari beberapa mata pelajaran ke dalam satu topik. Topik ini nantinya akan dikembangkan sebagai suatu kegiatan pembelajaran terpadu yang menggabungkan beberapa topik secara bersamaan dalam satu pertemuan tatap muka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis web terhadap hasil belajar di sekolah dasar. Sedangkan pengumpulan data, penelitian menggunakan penelitian kepustakaan dimana data dikumpulkan dari berbagai buku, majalah, artikel, disertasi, esai, dan sumber lainnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode non tes yaitu pencarian jurnal elektronik melalui Google Scholar. Temuan 15 artikel terkait menunjukkan bahwa model pembelajaran Connected dapat mempengaruhi atau meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Oleh karena itu, model pembelajaran inilah yang harus dianjurkan dalam proses pembelajaran.

The learning process prioritizes student activity and provides direct experience.In realizing this, learning models are used, including the webbed learning model.The webbed model is a learning model that combines various basic competencies from several subjects into a theme.This theme will later be developed as a unifying learning activity that combines several subjects at once in one face-to-face meeting.The purpose of this study was to see the effect of the webbed learning model on learning outcomes in elementary schools.In collecting data, the research uses study literature where data comes from various books, journals, articles, theses,essays and other sources.The data collection technique used is a non-test technique, namely by searching electronic journals through Google Scholar.From the research results of 15 relevant articles, it shows that the webbed learning model influences or can improve student learning outcomes in elementary schools, so this learning model is something that needs to be recommended in the learning process.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20