PENINGKATAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS PUISI DENGAN METODE OUTDOOR STUDY DI SMPN 1 SINDUE TOBATA KELAS VIII

Penulis

  • Moh. Al Farizi Universitas Tadulako

Kata Kunci:

Menuliskan puisi, Outdoor Study, Writing Poetry

Abstrak

Perumusan permasalahan didalam penelitian ini merupakan 1) Apakah metode outdoor study bisa memberikan peningkatan kemampuan siswa menuliskan puisi di SMPN 1 Sindue Tobata kelas VIII. Desain penelitian ini merupakan penelitian aksi kelas. Data penelitian ini merupakan data proses belajar serta data hasil pembelajaran. Sumber data penelitian ini merupakan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sindue Tobata pada jumlah siswa keseluruhan 54 orang. Teknik yang digunakan mengumpulkan data, yaitu: Data pada kemampuan siswa menuliskan puisi dan data mengenai situasi pada proses belajar mengajar yang didapatkan dari observasi siswa. Metode yang dipakai pada penelitian ini merupakan metode deskriptif. Data dianalisis memakai teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian ini ditunjukkan jika belajar ditingkatnya Kemampuan Siswa Ketika Menuliskan puisi pada Metode Outdoor Study Di SMPN 1 Sindue Tobata Kelas VIII adanya peningkatan yang baik, pada proses pembelajaran, serta hasil pembelajaraan. Proses pembelajaran membuat puisi dengan metode outdoor study di siklus I tidak memuaskan, kondisi kelas tidak kondusif, dan belum tercapai nilai KKM. Proses belajar siklus II sangat memuaskan sesudah dibuatnya perbaikan kepada permasalahan siklus I. di siklus II, Peneliti melakukan suatu pembelajaran menuliskan puisi dengan sangat baik. Hasil penelitian diperhatikan aspek nilai seperti: selarasnya tema, memiliki pesan aktual dan sangat memiliki manfaat, pafa jenis puisi, utuh dan tuntas, memberikan verminan atas kekayaan kata, bentuk kata baik pada bentuk dan bermakna (kohesi/koheren), memakai pengungkapan maupun kiasan yang sama pada konteks, dan gaya berbahasa yang variatif (tidak klise). tuntasnya belajar klasikal di siklus I kelas VIII A sekitar 59% dan siklus I kelas VIII B sekitar 52% sedangkan di siklus II kelas VIII A sekitar 78% dan siklus II kelas VIII B sekitar 78%. Daya serap siswa siklus I kelas VIII A sekitar 79% dan siklus I kelas VIII B sekitar 78% sedangkan di siklus II kelas VIII A sekitar 86% dan siklus II kelas VIII B sekitar 87%. seluruh aspek penilain digolongkan kurang di siklus I dan memberikan peningkatan pada pengkategorian cukup di siklus II. Sama pada hasil penelitian ini mengajukan saran, yakni buat guru agar pada belajar menuliskan puisi memakai metode outdoor study, dikarenakan metode ini sudah dibuktikan bisa memberikan peningkatam kemampuan menuliskan puisi dengan metode outdoor study pada siswa.

The formulation of the problem in this research is 1) Can the outdoor study method improve students' ability to write poetry at SMPN 1 Sindue Tobata class VIII.  The design of this research is classroom action research.  This research data is learning process data and learning outcomes data.  The data source for this research is class VIII students at SMP Negeri 1 Sindue Tobata with a total of 54 students.  The techniques used to collect data are: Data on students' ability to write poetry and data about situations during the teaching and learning process obtained from student observations.  The method used in this research is descriptive method.  Data were analyzed using qualitative analysis techniques. The results of this research show that learning to improve students' abilities in writing poetry using the outdoor study method at SMPN 1 Sindue Tobata Class VIII has experienced good improvements, both in the learning process and in learning outcomes.  The process of learning to write poetry using the outdoor study method in cycle I was less than satisfactory, the class atmosphere was less conducive, and the KKM score had not yet been achieved.  The learning process in cycle II was very satisfying after improvements were made to the problems in cycle I. In cycle II, the researcher carried out learning to write poetry very well.  The results of the research pay attention to assessment aspects including: Harmony of theme, contains an actual and useful message, according to the type of poetry, complete and complete, reflects the richness of vocabulary, word forms combine well in form and meaning (cohesion/coherence), uses expressions or figures of speech that are appropriate to the context  , and varied language styles (not cliche).  Classical learning completeness in cycle I class VIII A was 59% and cycle I class VIII B was 52%, while in cycle II class VIII A it was 78% and cycle II class VIII B was 78%.  The absorption capacity of students in cycle I class VIII A was 79% and cycle I class VIII B was 78%, while in cycle II class VIII A it was 86% and cycle II class VIII B was 87%.  All aspects of the assessment were classified as poor in cycle I and increased to the sufficient category in cycle II.  In accordance with the results of this research, a suggestion is made, namely for teachers to use the outdoor study method in learning to write poetry, because this method has been proven to improve students' ability to write poetry using the outdoor study method.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20