HIERARKI KEBUTUHAN PADA TOKOH UTAMA DALAM NOVEL “MERINDU CAHAYA DE AMSTEL” KARYA ARUMI EKOWATI DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN DI SMA
Kata Kunci:
Hierarki Kebutuhan, Psikologi Sastra, NovelAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan hierarki kebutuhan yang terdapat dalam novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati dan mendeskripsikan hasil penelitian terhadap rencana pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Menengah Atas (SMA) kelas XII semester ganjil dengan Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan adalah KD 3.4 Menganalisis isi kebahasaan cerita atau novel sejarah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati dan data penelitian berupa kata ataupun kalimat berupa kutipan dalam novel yang masuk kedalam hierarki kebutuhan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik studi dokumenter. Teknik analisis data dilakukan dengan membaca novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati, mengidentifikasi kata dan kalimat di dalam novel Merindu Cahaya de Amstel karya Arumi Ekowati yang terdapat hierarki kebutuhan menurut Maslow, menggolongkan data yang sudah teridentifikasi sesuai kategori, melakukan analisis dan mendeskripsikan masing-masing jenis data dalam kaitan dengan hierarki kebutuhan; dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan terdapat 82 hierarki kebutuhan pada tokoh utama. Hasil penelitian ini dapat diimplementasikan dalam bentuk RPP pada kelas XII semester ganjil dengan Kompetensi Dasar (KD) yang digunakan adalah 3.4 Menganalisis kebahasaan cerita atau novel sejarah