IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM MEMBENTUK PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK PADA FASE B EMPAT (4) DI MADRASAH IBTIDAIYAH MAULANA MAGHRIBI BANTUL

Penulis

  • Aknes Monika Universitas PGRI Yogyakarta
  • Rian Nurizka Universitas PGRI Yogyakarta

Kata Kunci:

Implementasi, Ekstrakurikuler, pendidikan karakter, karakter disiplin, mandiri

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengerahui secara mendalam tentang nilai-nilai karakter, pelaksanaan, dan faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan karakter yang penghambat pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Maulana Maghribi Bantul. Penelitian ini dilaksanakan kurang lebih 4 kali pertemuan dalam satu bulan yang terhitung sejak pertengahan bulan Mei sampai awal bulan Juni tahun 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Program kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Maulana Mghribi; 2) Proses kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk pendidikan karakter di MI Maulana Mghribi; 3) Proses kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk karakter siswa di MI Maulana Mghribi; 4) Hambatan dan solusi dalam proses pembentukan karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Maulana Mghribi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data mengggunakan : wawancara, dokumentasi, dan observasi. Keabsahan data data menggunakan tringulasi teknik dan tringulasi sumber. Teknik analisis terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam membentuk pendidikan karakter siswa di MI Maulana Mghribi sudah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari tingkah laku disiplin siswa setelah mengikuti kegiatan ekstrakurikuler pramuka yaitu, siswa dapat mengerjakan tugas dan mengumpulkan tugas tepat waktu, siswa menaanti peraturan yang ada di dalam kelas, siswa datang ke sekolah tepat waktu, memakai seragam lengkap dan rapi. Tingkah laku mandiri siswa yaitu siswa tidak bergantung dengan orang lain, yakin dengan kemampuan yang dimiliki, mampu memenuhi kebutuhan dirinya sendiri, siswa dapat mengerjakan tugas secara mandiri.

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-20