PENINGKATAN LITERASI DIGITAL BAGI ANAK USIA DINI MELALUI KELAS VIRTUAL DI TK INTEGRAL AL AMIIN I HIDAYATULLAH TIMIKA
Kata Kunci:
literasi digital, anak usia dini, Kelas VirtualAbstrak
Di era teknologi saat ini, kemampuan memahami dan menggunakan media digital menjadi kunci penting dalam membentuk generasi muda. Kecakapan ini berperan vital dalam memperkaya wawasan dan mengasah kemampuan anak-anak sejak usia dini. Dengan penguasaan keterampilan digital yang baik, anak-anak dapat terlibat secara aktif dan produktif dalam masyarakat yang semakin terdigitalisasi. Penguasaan teknologi informasi sejak dini memungkinkan anak-anak untuk mengoptimalkan potensi mereka di dunia yang semakin terhubung secara digital. Hal ini mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan dan memanfaatkan peluang di masa depan dengan lebih baik. Namun, rendahnya literasi digital peserta didik di Indonesia menjadi tantangan besar. Untuk mengatasi tantangan tersebut, pemanfaatan media pembelajaran digital yang inovatif dan menarik bagi anak-anak usia dini sangat diperlukan. Kelas Virtual TV Sekolah hadir sebagai solusi pada proses belajar mengajar dalam jaringan dengan menghadirkan muatan edukasi dalam bentuk program micro learning, meliputi video modul ajar, presentasi multimedia, dan diskusi online. Platform ini dirancang untuk mengakomodasi berbagai gaya belajar anak, memfasilitasi interaksi dan eksplorasi, serta membantu mengembangkan literasi digital anak dengan suasana yang menyenangkan. Pengamatan ini bermaksud untuk menerangkan realisasi kelas virtual TV Sekolah sebagai alat bantu pembelajaran digital dalam mengembangkan literasi digital anak di TK Integral Al Amiin I Hidayatullah Timika. Dengan pemanfaatan yang tepat, Kelas Virtual TV Sekolah berpotensi meningkatkan literasi digital anak melalui pendekatan yang interaktif, inklusif, dan efektif. Namun, keberhasilan penerapannya membutuhkan support dari berbagai kalangan, seperti guru, orang tua, dan pemangku kepentingan terkait.