MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN TERPADU TIPE NESTED
Kata Kunci:
Model Nested, Pembelajaran Terpadu, Sekolah DasarAbstrak
Membaca adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh setiap insan agar bisa mengikuti perkembangan informasi dan teknologi saat ini . Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca siswa dan strategi yang dapat di lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar melalui bimbingan konseling. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di salah satu SD Negeri di daerah Kabupaten Bekasi. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling, terdiri dari satu siswa dan satu wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa masih tergolong rendah disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pembiasaan diri untuk membaca, kurangnya dukungan keluarga untuk memotivasi siswa dalam mengembangkan kemampuan membacanya dan kurangnya konsistensi guru dalam memberikan bimbingan untuk mengatasi rendahnya minat baca siswa tersebut.