MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA MELALUI BIMBINGAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Dewi Laras Tuti Universitas Pelita Bangsa
  • Halimatussadiah Universitas Pelita Bangsa
  • Heny Oktavia Universitas Pelita Bangsa
  • Yulia Elfrida Yanty Siregar Universitas Pelita Bangsa

Kata Kunci:

Minat Baca, Bimbingan Konseling, Sekolah Dasar, Gadgets, Parental Attention, Learning Interest

Abstrak

Membaca adalah salah satu keterampilan penting yang perlu dimiliki oleh setiap insan agar bisa mengikuti perkembangan informasi dan teknologi saat ini . Manfaat penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang menjadi penyebab rendahnya minat baca siswa dan strategi yang dapat di lakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan minat baca siswa Sekolah Dasar melalui bimbingan konseling. Peneliti menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus di salah satu SD Negeri di daerah Kabupaten Bekasi. Data yang dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan sampel yang dipilih secara purposive sampling, terdiri dari satu siswa dan satu wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca siswa masih tergolong rendah disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kurangnya pembiasaan diri untuk membaca, kurangnya dukungan keluarga untuk memotivasi siswa dalam mengembangkan kemampuan membacanya dan kurangnya konsistensi guru dalam memberikan bimbingan untuk mengatasi rendahnya minat baca siswa tersebut.

Reading is one of the important skills that every human being needs to have in order to keep up with the development of information and technology today. The benefit of this research is to find out the factors that cause students' low interest in reading and the strategies that can be done to overcome these problems. The purpose of this study is to increase elementary school students' interest in reading through counseling guidance. The researcher used a qualitative method with a case study approach in one of the public elementary schools in Bekasi Regency. Data collected through observation, interviews, and documentation, with samples selected by purposive sampling, consisting of one student and one homeroom teacher. The results showed that students' interest in reading is still relatively low due to several factors, such as the lack of habituation to reading, the lack of family support to motivate students to develop their reading skills and the lack of consistency of teachers in providing guidance to overcome students' low interest in reading.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30