DARI KELAS KE METAVERSE: MASA DEPAN PENDIDIKAN YANG IMERSIF DAN KOLABORATIF
Kata Kunci:
karakter disiplin dan tanggung jawab, pembelajaran agama katolikAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran agama katolik kelas V di SDK La’o Ngkor. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penanaman karakter sejak usia dini sebagai bentuk pembentukan moral dan kepribadian anak. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah pelaksanaan penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran agama katolik di SDK la’o ngkor ? 2) Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam penanaman karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembelajaran agama katolik di sdk la’o ngkor? Hasil penelitian menunjukkan bahwa, penanaman karakter didiplin dan tanggung jawab siswa memiliki beberapa faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor pendukung meliputi: 1) persiapan perangkat pembelajaran yang lumayan baik, 2) kesabaran guru – guru, 3) sarana dan prasarana yang cukup memadai, 4) letak sekolah yang berdekatan dengan gereja dan lingkungan sekolah. Faktor penghambat meliputi: 1) kurangnya kontorl dari kepala sekolah, 2) kurangnya peran dan keterlibatan orang tua siswa, 3) kesadaran siswa itu sendiri, 4) faktor lingkungan.
This study aims to describe the process of instilling disciplined and responsible characters in students through Catholic religious learning for grade V at SDK La'o Ngkor. The background of this study is the importance of instilling character from an early age as a form of forming children's morals and personalities. The formulation of the problem in this study is 1) How is the implementation of instilling disciplined and responsible characters in students through Catholic religious learning at SDK La'o Ngkor? 2) What are the inhibiting and supporting factors in instilling disciplined and responsible characters in students through Catholic religious learning at SDK La'o Ngkor? The method used in this study is a descriptive qualitative method, with three data collection techniques: observation, interviews and documentation. The type of qualitative descriptive research aims to reveal a problem, condition, and event