KEMAMPUAN KOMUNIKASI MAHASISWA UBP KARAWANG MENGGUNAKAN BAHASA INDONESIA BAKU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI KELAS

Penulis

  • Adi Suyitno Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Dwi Riyawan Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Mega Aulia Apriyani Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Sulistiyaningsih Universitas Buana Perjuangan Karawang

Kata Kunci:

Bahasa Indonesia baku, Penggunaan bahasa Indonesia dalam kegiatan belajar dikelas

Abstrak

Tujuan  dari  penelitian  ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang dalam menggunakan bahasa indonesia baku untuk komunikasi dalam kegiatan pembelajaran di kelas.  Penelitian  ini  dilatar  belakangi  oleh  masih  banyaknya penggunaan bahasa indonesia dan bahasa daerah yang di pergunakan dalam kelas.  Jenis  penelitian  yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Sumber data yang diambil adalah pengisian kuesioner oleh responden yang berasal dari civitas Universitas Buana Perjuangan angkatan tahun 2023. Data responden yang bersedia mengisi kuesioner sebanyak 37 orang yang terdiri dari 21 orang laki-laki dan 16 orang perempuan. Berdasarkan data dari kuesioner dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa indonesia baku dalam proses pembelajaran di kelas sangat membantu pemahaman mahasiswa/mahasiswi. Selain itu dengan penggunaan bahasa indonesia baku dapat mencegah terjadinya konflik antar mahasiswa/mahasiswi yang berasal dari daerah yang berbeda. Sehingga bahasa indonesia baku sudah menjadi standar dalam kegiatan pembelajaran dikelas.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30