MENELAAH TINGKAT BERPIKIR ATAU KOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMPN 9 MATARAM

Penulis

  • Uswatun Hasanah Universitas Mataram
  • Puan maha rani Universitas Mataram
  • Nur husna Wahida Universitas Mataram
  • Rifka aulia Febrianti universitas Mataram
  • Shandy kurnia Pratama universitas Mataram

Kata Kunci:

Tingkat Berpikir Kognitif, Siswa, Metode Pengajaran, Motivasi Belajar, Lingkungan Belajar, SMPN 9 Mataram.

Abstrak

Kemampuan siswa untuk memahami, berkomunikasi, dan menyampaikan informasi yang mereka terima terkait erat dengan kemampuan berpikir atau kognitif, yang merupakan komponen penting dari proses pembelajaran. Akibatnya, tujuan peneliti dalam makalah ini adalah untuk mengetahui tingkat pemikiran siswa didik, serta unsur-unsur yang mempengaruhi pemikiran atau tingkat kognitif mereka. Studi ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dan formulir Google. Model aliran yang diusulkan oleh Miles, Huberman, dan Saldana digunakan untuk menganalisis data dalam tiga tahap: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki kemampuan berpikir pada tingkat mengingat (C1) dan memahami (C2), dan beberapa siswa memiliki kemampuan berpikir pada tingkat menganalisis (C 4). Ditambah lagi, Penelitian ini menemukan bahwa banyak hal yang mempengaruhi tingkat pemikiran siswa, termasuk gaya pembelajaran, keluarga, dan motivasi. Untuk mendorong siswa mencapai tingkat berpikir yang lebih tinggi , penelitian ini menunjukkan bahwa perlu ada upaya untuk menciptakan metode pendidikan yang lebih efektif. Diperkirakan bahwa guru tidak hanya memiliki kemampuan untuk mengembangkan pendekatan pengajaran yang lebih inovatif dan interaktif, tetapi mereka juga memiliki kemampuan untuk menyediakan berbagai sumber belajar yang mendukung perkembangan kemampuan kognitif siswa.

Students' understanding, comprehension, and understanding are intimately tied to their thinking, or cognitive aptitude, which is a crucial aspect of the learning process. Students' capacity to comprehend, communicate, and apply the knowledge they are given is intimately linked to the learning process. As a result, the researcher's goal in writing this paper is to investigate the subjects' cognitive level and the factors that affect it. degree. In this study, a descriptive and quantitative technique are used together. Using Google Forms and in-person interviews were the techniques of data gathering employed. Three steps of data analysis have been performed using the flow model put forward by Miles, Huberman, and Saldana: data condensation, data presentation, and conclusion drawing. The majority of students, according to the research, have cognitive abilities Knowledge (C1), comprehension (C2), and application (C3). Analysis (C4), Evaluation (C5), dan Create (6). in certain cases. degree of analysis (C4) The study also discovered that motivation, family, and instructional strategies are some of the variables influencing kids' thinking abilities. This study implies that to motivate students to think at higher levels, efforts must be made to develop more effective teaching strategies. It is believed that teachers may design more innovative and engaging teaching strategies in addition to offering a range of learning tools that assist students in developing their cognitive skills.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30