EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN E-LKPD LIVEWORKSHEETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA

Penulis

  • Nadila Wahyu Pertiwi Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Jatmiko Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Keterampilan berpikir kritis, Pembelajaran inovatif

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis adalah keterampilan yang dibutuhkan oleh setiap individu agar dapat bersaing secara global.  Pembelajaran inovatif diduga dapat melatihkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektivan model pembelajaran guided inquiry berbantuan E-LKPD Liveworksheets untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik SMA. Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimental dengan one group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah peserta didik pada 3 kelas X SMA Negeri 1 Waru. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal keterampilan berpikir kritis, dan angket respons peserta didik. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisis observasi keterlaksanaan pembelajaran, perhitungan N-gain, uji-t berpasangan, Uji Anava, dan analisis angket respons peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan persentase keterlaksanaan pembelajaran pada ketiga kelas ≥ 80% berkategori sangat baik, skor post-test > skor pre-test secara statistik signifikan pada α=5%, rerata N-gain pada ketiga kelas sebesar 0,79 berkategori tinggi dan konsisten pada ketiga kelas, serta mendapat respons positif peserta didik sebesar 81,20%. Berdasarkan pemaparan tersebut, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model guided inquiry berbantuan E-LKPD Liveworksheets efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30