PERAN KOMUKASI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS 1 DI SDIT ALMA ADDIN JALANCAGAK

Penulis

  • Aneng Antikasari STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Ade Retno STAI Riyadhul Jannah Subang
  • Ira Wahyudi STAI Riyadhul Jannah Subang

Kata Kunci:

Guru, komunikasi, karakter religius

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena yang terjadi saat ini yang mungkin bisa dianggap remeh, dimana seorang anak lebih sibuk dengan gadget atau ponselnya jika diajak bicara, apapun yang terjadi ia harus menggunakan ponselnya, sehingga anak lebih sering bermain sendiri dibandingkan dengan teman-temannya. Hal ini juga yang menyebabkan kurangnya karakter keagamaan pada anak, khususnya anak usia sekolah dasar. Salah satu SD yang menyelenggarakan kegiatan penanaman karakter religius adalah SDIT Alma Addin Jalancagak. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan kualitatif dengan melakukan observasi dan wawancara. Penanaman karakter ini sangat penting terutama dalam menanamkan karakter religius pada anak. Oleh karena itu, artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak komunikasi guru dalam upaya penanaman karakter religius pada siswa. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan fokus pada ciri khas fenomena meliputi sebab, akibat, hubungan dan unsur intrinsik. Tujuan penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa akan tercapai apabila proses pembelajaran dilakukan secara komunikatif dan efektif.  Proses pembelajaran yang efektif melibatkan komunikasi dan interaksi yang intens antara guru dan siswa. Upaya yang dilakukan untuk menanamkan karakter religius pada diri siswa antara lain melalui keteladanan yang ditunjukkan guru kepada siswa serta program pembiasaan yang dilaksanakan di sekolah sehingga turut berkontribusi dalam meningkatkan nilai-nilai keagamaan yang kuat pada diri siswa.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30