KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN STRATEGI GALLERY WALK DENGAN MEDIA PHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK

Penulis

  • Salsabilla Putry Ramadhani Universitas Negeri Surabaya
  • Budi Jatmiko Universitas Negeri Surabaya

Kata Kunci:

Gallery walk, guided inquiry, keterampilan berpikir kritis, PhET

Abstrak

Keterampilan berpikir kritis menjadi bagian dari kompetensi 6C yang harus dikuasai oleh peserta didik, dimana keterampilan ini merupakan salah satu kompetensi pada Kurikulum Merdeka Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran guided inquiry berbantuan strategi gallery walk dengan media PhET untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental dengan one group pre-test post-test design yang terdiri atas tiga kelas eksperimen tanpa kelas kontrol. Subjek penelitian ini ialah siswa kelas X-6, X-7 dan X-9 SMA Negeri 1 Waru. Siswa sebelum pembelajaran diberikan tes awal dan di akhir pembelajaran diberikan tes akhir dengan soal yang sama. Kemudian data dianalisis menggunakan perhitungan N-gain, uji t-berpasangan, dan ANAVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran memiliki kriteria baik dengan persentase ≥ 76%, adanya peningkatan skor keterampilan berpikir kritis dari hasil pre-test ke hasil post-test secara statistik signifikan, rata-rata N-gain berkategori tinggi dan tidak berbeda pada 3 kelas, respons peserta didik terhadap pembelajaran memperoleh persentase ≥ 81 % berkriteria sangat baik. Dengan demikian, pembelajaran guided inquiry berbantuan strategi gallery walk dengan media PhET efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30