PENGARUH MINAT BACA DAN KETERSEDIAN SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Penulis

  • Hidayat Maulana Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Tridays Repelita Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Indah Purnamasari Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Salma Azzahwa Universitas Buana Perjuangan Karawang

Kata Kunci:

Minat Membaca,, Ketersediaan Sumber Belajar, Keberhasilan Belajar.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara minat membaca, ketersediaan sumber belajar; dan (2) keberhasilan belajar siswa. Dalam penelitian ini, metodologi kuantitatif di padukan dengan metode riview. Sebanyak 300 siswa dari berbagai sekolah yang ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Kuesioner dengan skala likert digunakan untuk mengumpulkan data. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca dan ketersediaan sumber belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan belajar siswa. Terdapat interaksi positif antara minat membaca dengan ketersediaan sumber belajar yang membantu siswa dalam upaya meningkatkan prestasi belajar. Minat membaca yang tinggi dan ketersedian sumber belajar yang memadai menjadikan prestasi siswa cenderung meningkat. Sekolah dan pemerintah harus mengembangkan program yang meningkatkan minat membaca siswa dan meningkatkan aksesibilitas terhadap berbagai sumber belajar untuk mendukung kinerja akademik yang efisien dan optimal.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30