PENERAPAN EVALUASI PEMBELAJARAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS 9 DI SMP NU KAPLONGAN
Kata Kunci:
evaluasi pembelajaran, reseptif, produktif, Bahasa, Indonesia dan sastraAbstrak
penerapan Evaluasi pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran pada siswa kelas 9 di SMP NU Kaplongan pada artikel ini memaparkan bagaimana kondusifitas penerapan Evaluasi pembelajaran di SMP NU Kaplongan, dengan berbagai penemuan masalah dan penyelesaiannya. Evaluasi pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia merupakan salah-satu unsur penting dalam mengantarkan peserta didik mampu berbahasa yaitu ( 1 ) kemampuan menyimak ( 2 ) kemampuan berbicara ( 3 ) kemampuan membaca, dan ( 4 ) kemampuan menulis, tujuan evaluasi pembelajaran adalah untuk mengetahui keefektifan dan efisiensi system pembelajaran baik yang menyangkut tentang tujuan, materi, reseptif, sumber belajar, lingkungan maupun penilaian. Beberapa hal mengenai evaluasi pembelajaran yang menjadi catatan pihak sekolah adalah bagaimana cara membangkitkan motivasi belajar siswa pada materi sastra kelas 9 smp NU Kaplongan.
Application off learning evaluation to achieve learning objektives for grade 9 student at NU Kaplongan middle school this article exsplains how condusive the implementation of learning evaluation is at NU Kaplongan middle school. By finding various problem and soving them evaluation of learning indonesia language and literature is one of the importan element in deviering student to be able to speak indonesian language and literature namely ( 1 ) listening ablity ( 2 ) speaking ability ( 3 ) reading ability ( 4 ) writing ability, the purpose of evaluating indonesian language and literature learning is so that student have receptif, produktive and literarry abilities apart from that, the porpuse of learning evaluation is so determine the efektivenes and eficiency of learning system both regarding objektives, material, receptivty, learning resource environment and asessment several things regarding learning evalution that of note to the school are how to raise studen’s learning motivation on literary material because from the result of reseacrh lterary material is not really of interest to the 9 grade student at SMP NU Kaplongan.