PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PADA SEKOLAH SMA NU KAPLONGAN

Penulis

  • Laisya Gisti STKIP NU Indramayu
  • Siqoyaturrohmah STKIP NU Indramayu
  • khaerul umam STKIP NU Indramayu

Kata Kunci:

Bahan Ajar, Metode Kualitatif

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangan suatu bahan ajar yang ada dalam sekolah SMA NU kaplongan, maka dari itu penelitian ini akan membahas sebuah bentuk pengembangan yang ada dalam sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pengamatan, observasi, dan wawancara. Dengan metode kualitatif dalam penelitian di SMA NU Kaplongan bentuk pengambilan datanya yaitu melalui wawancara, pengamatan, dan observasi langsung ke sekolah tersebut. Dengan beberapa langkah-langkah yang sudah disusun. Subjek penelitian ini adalah siswa sebagai responden dan guru sebagai pengembangan bahan ajarnya. hasil dari penelitian yang dihasilkan melalui melihat data yang dilakukan melalui observasi, mengamati, dan wawancara. Saat tahap pengamatan dan wawancara pendidik sekolah tersebut mengungkapkan bahwa penggunaan bahan ajar pada sekolah SMA NU Kaplongan itu ada 4, yaitu bahan ajar cetak, bahan ajar audio, dan bahan ajar video. Namun dalam penggunaan kurikulum dalam setiap angkatan itu berbeda. Pada kelas 10 dan 11 menggunakan kurikulum merdeka dan kelas akhir atau kelas 12 menggunakan kurikulum K-13, namun untuk penggunaan media aga sedikit berbeda. Dengan hal ini bahan ajar dalam pembelajaran sangat mempengaruhi dalam tujuan pembelajar sehingga untuk penggunaan bahan ajar pun harus selaras dengan kurikulum yang ditetapkan.

The aim of this research is to develop teaching materials that exist in the NU Kaplongan High School, therefore this research will discuss a form of development that exists in the school. This research uses qualitative research methods with observations, observations and interviews. Using qualitative methods in research at SMA NU Kaplongan, the form of data collection is through interviews, observations and direct observation at the school. With several steps that have been prepared. The subjects of this research are students as respondents and teachers as the development of teaching materials. The results of research are produced through looking at data carried out through observation, observation and interviews. During the observation and interview stage, the school educator revealed that there were 4 uses of teaching materials at NU Kaplongan High School, namely printed teaching materials, audio teaching materials and video teaching materials. However, the use of the curriculum in each generation is different. Classes 10 and 11 use the independent curriculum and final class or class 12 uses the K-13 curriculum, but the use of media is slightly different. With this, teaching materials in learning greatly influence the learner's goals so that the use of teaching materials must be in line with the established curriculum.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30