STUDI LITERATUR: TELAAH KURIKULUM MATEMATIKA SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Kurikulum Matematika, Sekolah Dasar, SastraAbstrak
Kurikulum merupakan hal yang harus diperhatikan untuk mencapai tujuan pendidikan. Seiring dengan kurikulum, menjadi pedoman bagi otoritas pendidikan untuk melaksanakan program yang ditentukan oleh kurikulum yang berlaku. Dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia telah mengalami perubahan dalam kurikulum sekolahnya. Tujuan artikel ini adalah menggunakan tinjauan literatur sebagai metode untuk mengkaji kurikulum dan kurikulum matematika sekolah dasar Indonesia. Dengan menggunakan tinjauan pustaka, penelitian ini mengumpulkan dan menganalisis berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan laporan penelitian lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kurikulum matematika dasar terstruktur dan fokus pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Namun dalam hal ini terdapat tantangan yang ditemukan yaitu kurangnya fleksibilitas dalam pelaksanaan program dan ketidaksesuaian dengan situasi lembaga pendidikan seperti fasilitas pendidikan dan kebutuhan setiap siswa. Kami berharap penelitian ini dapat memberikan wawasan dan menjadi referensi untuk pengembangan kurikulum selanjutnya