ANALISIS KESULITAN GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SD

Penulis

  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Nurul Tri Ashayudha Universitas Negeri Medan
  • Mutia Ramadhani Universitas Negeri Medan
  • Dhea Divana Anggreni Br Kaban Universitas Negeri Medan
  • Dinda Saskia Universitas Negeri Medan
  • Aldino Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kesulitan guru, Matematika SD, Menerapkan Kurikulum Merdeka

Abstrak

Pembalajaran matematika pada kurikulum Merdeka di Indonesia menghadirkan tantangan dan peluang baru bagi guru dalam proses pembelajaran, terutama dalam mata Pelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika di Tingkat sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik Pengumpulan data yang dipakai adalah wawancara mendalam dengan salah satu guru kelas V di SD Esa Prakarsa, yang dipilih berdasarkan pengalamannya dalam menerapkan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa masih kurangnya pengalaman guru dalam menerapkan kurikulum merdeka pada pembelajaran matematika, fasilitas yang tidak mendukung dan waktu pembelajaran yang banyak terbuang. Hal ini dapat dibuktikan pada hasil penelitian.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30