STRATEGI EFEKTIF MENGATASI KESULITAN MATEMATIKA PADA SISWA SD

Penulis

  • Aisyah Sihombing Universitas Negeri Medan
  • Salsabila Azzahra Hasibuan Universitas Negeri Medan
  • Helena Raymonda Sipayung Universitas Negeri Medan
  • Laily Ainun Lathifah Universitas Negeri Medan
  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Mengatasi kesulitan, Matematika, Siswa SD

Abstrak

ABSTRAK

Matematika merupakan ilmu dasar yang berguna dalam menyelesaikan masalah di berbagai bidang ilmu, dengan salah satu karakteristiknya adalah keabstrakan objek matematika. Matematika juga berperan dalam pengembangan kemampuan hitung dan ukur melalui penerapan rumus dalam pembelajaran. Terdapat variasi dalam kemampuan siswa menghadapi proses pembelajaran, sehingga penelitian ini fokus pada strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika di tingkat SD dengan menggunakan metode kajian pustaka. Kajian pustaka ini melakukan analisis buku, dokumen, dan jurnal ilmiah yang telah dipublikasikan. Terdapat beberapa strategi efektif untuk mengatasi kesulitan matematika pada siswa SD yaitu penggunaan media pembelajaran yang inovatif dan interaktif, seperti miniatur yang bercirikan etnomatematika, untuk menyokong perkembangan siswa meningkatkan pemahaman konsep matematika dan menumbuhkan minat belajar, guru perlu mengembangkan pola pikir siswa agar menjadi lebih praktis, logis, dan kritis melalui pembelajaran yang interaktif dan fokus pada penerapan matematika dalam pemecahan masalah, dan guru harus mampu memberikan motivasi belajar yang kuat, memberikan membantu siswa yang menghadapi kesulitan, dan memberikan peluang kepada siswa untuk belajar sesuai dengan kebutuhan individual mereka

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30