IMPLEMENTASI PBL PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X TEKS BIOGRAFI TOKOH “VIRAL” DI MEDIA SOSIAL

Penulis

  • Rasilva Lulu Zahwania UIN Syarif Hidayatullah JakartaUIN Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Hindun UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Kata Kunci:

Problem-Based Learning, Teks Biografi Tokoh Viral, Pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi problem-based learning (PBL) pada pembelajaran bahasa Indonesia kelas X materi teks biografi tokoh “viral”. PBL merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dan menggunakan masalah sebagai titik awal untuk belajar. Dalam pembelajaran teks biografi tokoh “viral”, PBL dapat membantu siswa untuk berpikir kritis, menganalisis masalah, dan menemukan solusi yang tepat. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Al Hasra Depok. Penelitian ini menggarisbawahi pentingnya memasukkan fenomena budaya kontemporer ke dalam kurikulum untuk menciptakan pengalaman belajar yang relevan dan menarik, dengan implikasi terhadap desain kurikulum, praktik pengajaran, dan strategi keterlibatan siswa dalam pendidikan bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi PBL pada pembelajaran teks biografi tokoh viral di kelas X meliputi: (1) orientasi siswa pada masalah, (2) mengorganisasi siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan individual dan kelompok, (4) mengembangkan dan mempresentasikan hasil karya, dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Penerapan PBL dalam pembelajaran teks biografi tokoh viral dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kemampuan analisis, dan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31