PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI BERMAIN SIMBOLIK MENGGUNAKAN MEDIA ALAM KELOMPOK B3 DI TK AISYIYAH RAPPOKALLING KOTA MAKASSAR

Penulis

  • Rasdini Nurrachmah Ranggong Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Tasrif Akib Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Fadhilah Latief Universitas Muhammadiyah Makassar

Kata Kunci:

Permainan Tradisional, Kecerdasan Kinestetik, Lompat Tali

Abstrak

Upaya meningkatkan kecerdasan kinestetik anak usia 5-6 tahun kelompok B1 melalui permainan tradisional lompat tali di TK Aisyiyah Layang Utara. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Tasrif Akib dan Pembimbing II Fadhilah Latief. Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalah yang menunjukkan ada beberapa anak yang masih banyak yang kurang kecerdasan kinestetiknya sedangkan beberapa anak saja yang telah berkembang dengan baik. Kurangnya kecerdasan kinestetik anak terlihat dari belim mampu menggunakan seluruh tubuhnya secara aktif, belum mampu menerima informasi dengan cepat dala kegiatan, dan belum mampu menggerakkan badan berdasarkan ciri-ciri tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik anak melalui permainan lompat tali di TK Aisyiyah layang Utara Kota Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penrelitian ini adalah 19 anak didik yang terdiri dari enam laki-laki dan tiga belas Perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi data pada siklus I nilai menunjukkan angka 21,05% dan siklus II menjadi 73,68% dan dapat dikatakan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Oleh karena itu, melalui kegiatan bermain lompat tali dapat meningkatkan kecerdasan kinestetik anak.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31