PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN MELALUI BERMAIN SIMBOLIK MENGGUNAKAN MEDIA ALAM KELOMPOK B3 DI TK AISYIYAH RAPPOKALLING KOTA MAKASSAR
Kata Kunci:
Berhitung Permulaan, Bermain Simbolik, Media AlamAbstrak
ABSTRAK
Hardalia Hamzah, 2024. Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Bermain Simbolik Menggunakan Media Alam Kelompok B3 di TK Aisyiyah Rappokalling. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Makassar. Pembimbing I Tasrif Akib, dan Pembimbing II Arie Martuty.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan kemampuan berhitung permulaan pada anak kelompok B3 di TK Aisyiyah Rappokalling. Terlihat pada aspek kognitif kemampuan berhitung permulaan anak masih tergolong rendah. Pada aspek ini anak masih belum bisa menghitung dengan lambang bilangan, mencocokkan benda dengan angka, mengenal bentuk huruf konsonan, dan mengurutkan lambang bilangan. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan berhitung permulaan melalui bermain simbolik menggunakan media alam pada Kelompok B3 di TK Aisyiyah Rappokalling. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah 17 anak didik, 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Hasil rekapitulasi data pada siklus I nilai menunjukkan angka 35,29% dan siklus II naik menjadi 76,64% dan dapat dikatakan kriteria berkembang sesuai harapan (BSH). Oleh karena itu, melalui kegiatan bermain simbolik menggunakan media alam dapat meningkatkan kemampuan berhitung permulaan pada anak.