PENGARUH MODEL PENCAPAIAN KONSEP TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA SD
Kata Kunci:
Model Pencapaian Konsep, Berpikir KritisAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pecapaian konsep terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik pada pembelajaran IPA SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah quasi eksperimen dengan desain Non-Equivalent Post-Test Only Control Group. Populasi pada penelitian ini ialah peserta didik kelas IV A serta IV B SDN Dukuh Menaggal 1/424 Surabaya. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi nilai ulangan harian peserta didik serta tes kemampuan berpikir kritis. Adapun Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat serta uji hipotesis. Berdasarkan analisis data yang sudah diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pencapaian konsep serta kelas yang diberi perlakuan dengan menggunakan model konvensional.