PENGARUH PERILAKU KONSUMEN AKIBAT KEBIJAKAN KANTONG PLASTIK BERBAYAR PADA MINIMARKET DAN RETAIL MODERN TERHADAP KESADARAN KONSUMEN MENGENAI PENGURANGAN SAMPAH PLASTIK DI KOTA JEMBER

Penulis

  • Agustin Putri Mardiawan Universitas Jember
  • Yushardi Universitas Jember

Kata Kunci:

Kantong Plastik Berbayar, Kesadaran Konsumen, Ritel Modern

Abstrak

ABSTRAK

Penggunaan kantong plastik yang semakin maka sama dengan meningkatkan jumlah sampah plastik. Plastik merupakan salah satu jenis sampah yang berbahaya karena sulit terurai secara alami. Aturan pengelolaan sampah di Indonesia tertuang dalam Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Selain penggunaan plastik biodegradable, penggunaan kantong plastik dapat dikurangi dengan menetapkan kebijakan berbayar kantong plastik. Instruksi ini diterbitkan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam surat edaran Direktorat Jenderal Pengelolaan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, berupa perilaku  Konsumen tentang adanya kebijakan ini dengan Adanya dorongan beberapa faktor seperti faktor sosial, budaya, psikologi dan, pribadi beserta edukasi yang didapatkan konsumen dari kebijakan yang telah pemerintah lakukan. Kemudian yang akan menjadi populasi adalah konsumen ritel modern atau minimarket di Jember yang berjumlah 50 orang dari data periode akhir April hingga awal Mei dengan penyaringan data menggunakan kuesioner. Pengabsahan validasi yang digunakan dengan metode regresi linier berganda . Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua variabel, perilaku konsumen mengenai hal ini memiliki pengaruh positif terhadap kesadaran konsumen atas pengurangan sampah plastik

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31