PEMBELAJARAN VOLUME BANGUN RUANG: MENGINTEGRASIKAN KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA DI SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Kearifan local, Matematika, Volume bangun ruang, Pembelajaran Sekolah Dasar, Suku Bata, Taganing, Surune BolonAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengintegrasian kearifan lokal dalam upaya peningkatan pemahaman siswa di Sekolah Dasar terkait pembelajaran Volume bangun ruang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi literatur. Data penelitian diperoleh dari beberapa referensi yaitu artikel ilmiah, buku, dan jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa barang-barang kearifan lokal suku Batak memiliki berbagai muatan geometri bangun ruang yaitu kubus, balok, limas,tabung, dan prisma yang terdapat pada produk kearifan lokal berupa kerajinan tangan seperti Surune Bolon dan juga Taganing. Temuan tersebut digunakan untuk mengimplementasikan pembelajaran yang mengintegrasikan kebudayaan lokal terhadap pembelajaran guna membuat pembelajaran menjadi lebih relevan atau dekat dengan siswa, sehingga pembelajaran menjadi lebih efektif dan mampu menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa dalam pelajaran matematika materi geometri di tingkat sekolah dasar.