PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ”MENARA BUDAYA” TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS 4 MIS ADDINI MEDAN

Penulis

  • Rahmi Fadiah Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Assyfa Ramadhina Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Sakinah Rahmawaty Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Zaskia Tambunan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Iqbal Fhitriansyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Eka Yusnaldi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Pendidikan, Belajar

Abstrak

Pendidikan sekolah dasar merupakan wadah pendidikan yang awal bagi anak usia dini. Dalam proses belajar-mengajar maka perlu diperhatikan media ajar yang digunakan agar materi tersampaikan dengan jelas kepada peserta didik. Salah satu media yang dapat digunakan yaitu Menara Budaya yang mencakup keanekaragaman yang ada di Indonesia.tujuan dari penelitian penerapan media pembelajaran berbasis Menara Budaya adalah untuk menghindari suasana yang monoton, mengatasi keterbatasan waktu, ruang dan daya Indera peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan MIS Addini Medan tepatnya di kelas IV. Maka media Menara Budaya dapat diaplikasikan dalam proses pembelajaran agar keanekaragaman di Indonesia dapat lebih jauh dikenali oleh siswa sekolah dasar serta dapat meningkatkan minat belajar siswa tersebut dalam proses pembelajaran.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31